Menu Vertikal dengan Bootstrap

Nuju hoyon nyerat, soca teu acan abot janten nyerat sa alit meh janten catetan, bilih hilap di sanes waktos. eh .. terus ngalantur. Sedikit catatan membuat menu vertikal dengan bootstrap pada web. Untuk konsep singkat tentang bootstrap dapat dibaca disini.

Pada tulisan ini membahas pembuatan menu vertikal tanpa fasilitas dropdown, jika ingin menggunakan dropdown dapat dibaca pada artikel ini. Untuk membuat menu vertikal sederhana dapat menggunakan code di bawah ini:

<ul class=”nav nav-pills nav-stacked”>
  <li class=”active”><a href=”?isi=home”>Home</a></li>
  <!–<li><a href=”?isi=operatorLuar_add”>Pengajuan Operator</a></li>–>
  <li><a href=”?isi=tampilCP”>Contact Person</a></li>
  <li><a href=”?isi=unduh_hasil”>Hasil Seleksi Reguler</a></li> 
</ul>

manipulasi tampilan selebihnya dapat memanfaatkan fasilitas CSS.

Tidak Bisa Daftar Edit GTK

Sebelum berlabuh di pulau kapuk, nulis dikit di blog. Sehubungan dengan adanya komentar teman-teman pada saat mendaftar edit GTK selalu ada pesan “sedang diproses menunggu persetujuan admin” kalau gak salah. Artinya proses pendaftaran yang kita lakukan gagal silahkan ulang kembali dengan menggunakan akun email yang baru.

Hal ini dikarenakan data yang kita input langsung dibaca sistem, jika data yang kita input sesuai dengan data yang sudah ada di sistem maka akun kita akan langsung aktif tanpa melakuan verifikasi email kembali.

Catatan Kecil UNBK

Walaupun sambil menahan perut yang melilit karena makan “angin”, tetap melihat kondisi pelaksanaan UNBK. Sedikit ada catatan kecil yang jika ada rekan-rekan yang memiliki pengalaman lain boleh di share juga untuk saling membantu pelaksanaan selanjutnya.

1. Tidak Muncul Token di Server

Setelah mengamati mulai dari simulasi sampai pelaksanaan UNBK, jika tidak timbul token. Langkah pertama pilih dulu mapel yang akan diujikan pada hari tersebut, kemudian disimpan dan logout. TUnggu beberapa saat, silahkan login kembali dengan memilih mapel yang akan diujikan dan simpan kembali. Insya Allah token akan keluar. Jika tidak muncul maka restart servernya.

Baca lebih lanjut

Nasib Buat Program di Sekolah …?????

Lampu baru idup … siap-siap sinkron server UNBK. Tapi sedikit nulis dulu ah …. maaf nih kacau balau tulisannya. Sekedar luapan perasaan di blog sendiri, walaupun di publish ke FB he..he….

Ketika kita bersentuhan dengan IT, seolah kita sebagai “superman” dalam segala hal. Termasuk mensukseskan pekerjaan orang lain atau bidang lain. Walaupun tidur kurang tapi tuntutan tetap ada. Susah memang berbicara dengan yang tidak mau tahu dan tidak mau mengerti, karena kelihatannya nyantai seperti gak ada kerjaan. Apa perlu setiap kerja itu dipamerkan lewat group FB atau WA seolah kita paling aktif. Saya kutip beberapa bagian dari http://candra.web.id alasan untuk berhenti ngutak-atik program dengan ada tambahan dan perubahan berdasar pengalaman di sekolah:

1. Menjadi Budak !

Harus siap dikejar-kejar waktu, bahkan siap dengan penilaian apapun yang mengenai kita, padahal dibandingkan dengan resiko kesehatan uang yang didapat tidak seberapa atau bahkan harus rela seperti ……… menunggu yang belum pasti. Padahal kita udah mati-matian mengerjakannya diluar jam sekolah.

Baca lebih lanjut

Session Register

Sebelum melanjut kerjaan … mencatat sedikit hasil keluyuran, jika ada salah dalam pemahaman mohon koreksinya. Ketika kita membuat form untuk login, autentikasi user biasanya menggunakan session register dengan perintah session_start();. Session membuat file temporari pada temporari folder di server ketika session tersebut terdaftar. seluruh data tersedia pada setiap halaman. Session akan berakhir ketika pengguna menutup browser atau meninggalkan situs tersebut. Server akan mengakhiri session setelah waktu tertentu biasanya setelah berdurasi 30 menit.

Baca lebih lanjut

Cetak Info GTK

Tos lami teu acan nulis di blog. Tulisan sederhana sekedar sharing daripada hanya menilai orang lain, sedangkan kita belum tentu mampu berbuat apa-apa  (yang dinilai bidang orang sih … apa suruh garap ya biar bisa buktiin ….karena proses beda maka hasil pun akan beda benar gak ya ? … eh kok ngelantur.

Setelah saya perhatikan teman-teman kesulitan dalam melakukan pencetakan info GTK, contohnya pake google chrome, harap diperhatikan gambar dibawah ini

TAMPILAN GTK.png

Baca lebih lanjut