Sekolah : Mencari Ijazah atau Ilmu

Dari pada duduk dan tidak ada aktivitas lain, buat coretan di pada blog ini. Melihat kondisi pendidikan saat ini sebagai dampak dari pelaksanaan Ujian Nasional yang bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian secara nasional, ada saja sebagian yang menafsirkan dengan pembuatan tim sukses.

Begitu pun dengan siswa yang memang berhalangan hadir disekolah dalam jangka waktu yang lama karena sakit, kemudian mengadukan pada pihak sekolah, terkadang ada saja kepala sekolah yang mengatakan Insya Allah dijamin lulus, hal ini sudah menyalah artikan tujuan dari pendidikan yang dilaksanakan secara formal. Apakah pendidikan secara formal itu hanya mencari ijazah atau mencari ilmu ? karena ketika menghadapi pelaksanaan ujian seluruh komponen sekolah sibuk dengan persiapan.

Sedangkan mencari ilmu merupakan kewajiban bagi kita untuk kemashlahatan hidup, Sudarwan Danim dalam bukunya Transformasi Sumber Daya Manusia  mengatakan bahwa human investment merupakan penanman modal untuk kesejahteraan hidup pada masa mendatang.

Dalam sebuah peribahasa memberikan penjelasan syarat untuk mendapat ilmu sebagai berikut:

  1. Kecerdasan, dalam hal ini tidak berkaitan bodoh dan pintarnya seseorang tapi lebih menekankan pada kemauan dalam berjuang menuntut ilmu.
  2. Rasa kurang terus dalam pengetahun sehingga terus mencari dan mencari untuk menjadi tahu tentang hal-hal baru.
  3. Kesungguhan dalam mencari ilmu, gigih dalam berjuang untuk mendapatkan wawasan yang diinginkan
  4. Biaya, hal inilah yang menjadi masalah bagi sebagian orang dalam mencari ilmu dalam arti pendidikan formal, namun banyak jalan untuk mendapatkannya jika kesungguhan memang ada.
  5. Bersahabat dengan guru, dalam arti jika ada kesulitan tidak perlu takut untuk bertanya dengan guru agar mendapatkan solusi terbaik
  6. Belajar sepanjang hayat, karena ilmu tidak ada matinya akan terus berkembang.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s