KEBERSAMAAN DAN TEMAN SEJATI

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial, yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sendiri dan selalu membutuhkan bantuan dari lainnya. Istilah kebersamaan menurut KBBI online berasal dari kata sama yang memiliki arti tidak berbeda dan tidak berlainan. kebersamaan bermakna hal bersama.

Terkadang kebersamaan ada yang dilandasi dengan tujuan yang sama sehingga ada rasa persaudaraan didalamnya, namun ada juga yang dikarenakan kepentingan tertentu jika tidak menguntungkan maka tidak akan ada kebersamaan. Jika tidak dapat memberikan sesuatu yang didapat tidak akan ada kebersamaan.

Hal inilah yang berkaitan dengan teman sejati, teringat dengan kata pepatah saya dulu bahwa teman sejati adalah yang dapat membuat kamu menangis, suatu makna yang luas dimana kita dapat melihat kekurangan pada diri kita sendiri. Selain itu terdapat pula yang mengatakan kecintaan teman (shadiq)  itu terlihat disaat kita dalam kesempitan, dalam hal ini saya lebih memaknai shadik sebagai khalik atau sang pencipta yang selalu memberikan bimbingan dalam setiap langkah makluknya. Tidak ada pamrih apapun dari apa pun yang sudah diberikan nikmatnya pada kita.

Bagi saya sendiri belum mengalami jika shadiq  dalam arti teman yang dapat memberikan pembelaan dikala kita kesempitan, tapi dikala menguntungkan akan mendekat atau dikala akan mendapatkan imbalan tertentu maka akan memberikan bantuan. itulah sekedar pemberian makna berdasarkan pengamalan yang sudah dialami, bahkan ketika kondisi sangat kritis pun teman yang saya kira dapat memberikan bantuan nyata tidak ada kabar dari janji yang sudah diberkannya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s