RITUAL TAHUNAN KAH ?

Hasil ujian nasional telah diumumkan sore tadi pada Jam 15.00. Semua luapan kegembiraan pun diwujudkan dalam berbagai bentuk. Hal yang menarik dan perlu menjadi perhatian adalah aksi coret-coretan siswa seperti foto yang saya ambil langsung

20140520_174958

hal yang perlu dipertanyakan adalah beginikah cara meluapkan kegembiraan ?, dimanakah pemahaman yang selama ini telah didapat di kelas ? inilah gambaran para calon pemimpin masa depan yang dengan senangnya mengecat pakaiannya. Padahal dibeberapa bagian wilayah masih ada sebagain orang yang ingin mengganti baju sekolah saja sulit atau bahkan tidak dapat sekolah sama sekali karena keterbatasan biaya.

KERJASAMA BERBAGAI PIHAK

Pihak sekolah hanya dapat menghimbau untuk tidak melakukan hal tersebut, namun sanggupkan guru mencegah hal tersebut tanpa ada bantuan dari pihak lain ? Jika pemegang kekuasaan dapat bertindak tegas ritual tahunan yang tidak layak dilakukan ini dapat diakhiri dan tidak dihiasi lagi menghambur-hamburkan uang untuk membeli cat. dapat diganti dengan gerakan infaq dan shadaqah yang lebih bermanfaat.

Para penegak hukum pun dapat turut serta menyikapi fenomena ini, karena tadi saja jalan sedikit terhambat oleh aksi seperti ini, tiap tahun selalu berjalan. Kerjasama berbagai pihak yang serius dapat memutuskan kegiatan seperti ini. Guru, orang tua, pemerintah setempat yang terkait, aparat keamaan dapat menghentikan aksi seperti ini, jika disadari miris melihat output pendidikan yang sudah dihasilkan, padahan orang melakukan hal-hal yang mubadzir adalah sahabat syaitan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “RITUAL TAHUNAN KAH ?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s