Muhasabah

Profesi Guru dan Kebiasaan Membaca

Disela-sela waktu luang menyempatkan untuk browsing cari-cari informasi yang bermanfaat dan layak untuk dibaca, akhirnya mampir di blog https://azrl.wordpress.com ada artikel yang cukup menarik mengenai longlife learning untuk dosen. Selamanya dosen adalah mahasiswa yang terus untuk melakukan proses pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan wawasan.

Begitu juga dengan guru, menurut hemat saya perlu meluangkan waktu untuk meningkatkan wawasan dengan membaca, luas dalam pemikiran, luwes dalam berbicara karena merupakan representasi dari pengetahuan yang dimiliki. Untuk itu perlu dipengang peribahasa yang artinya teman ketika duduk adalah buku, dengan membaca kita telah mempraktikkan perintah dari Allah SWT sebagai wahyu pertama, selain itu perlu diperhatikan juga Hadist Rasul yang menjelaskan bahwa menuntut ilmu itu dari buaian sampai akhir hayat (lubah lahad).

Dengan profesi sebagai guru berarti memberikan cerminan kita untuk selalu menjadi murid, walau pun ketika kuliah untuk mencari Strata I telah meluangkan waktu untuk belajar, namun dengan terjun menjadi guru berarti kita jadikan profesi tersebut sebagai sarana untuk terus belajar.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s