PEMILU dan Kurikulum 2013

Tahap pertama pesta demokrasi di Indonesia telah dilalui untuk memberikan hak pilih untuk menempatkan dan menitipkan amanat pada wakil-wakilnya di DPR, DPD dan DPRD. Saat tulisan sederhana ini di publish setiap calon kemungkinan sudah mengetahui dapat duduk dikursi “Panas” atau tidak.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sepak terjang tim sukses yang melakukan berbagai cara untuk mencapai tujuan akhir dari suatu calon. Politik uang mungkin suatu hal yang sudah biasa terdengar di kuping kita, hal yang perlu disikapi menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Syafarudin Dosen Fisip UNILA yang ditulis di web Unila  menjelaskan bahwa praktik politik uang justru meningkatkan angka golput karena merasa terikat dengan orang yang memberikan sesuatu kepada calon pemilih.

Lebih jauh lagi  pada web Muhammadiyah  Wawan Gunawan menjelaskan bahwa praktik politik uang termasuk ke dalam suap-menyuap, jika kita cermati hal ini akan mengantar pada praktik lingkaran setan korupsi, sebab setiap calon yang “naik ” ke kursi “panas” akan berfikir untk mengambalikan modal dan bila perlu mencari untung. Ketika saya ke pasar ada penjual Baju Bekas (BJ) sambil menawarkan harga baju yang murah, sempatnya menyelipkan kata-kata NPWP (Nomor Piro Wani Piro ). Apakah ini representasi dari kecerdasan rakyat atau sebaliknya ?

Mudah-mudahan dengan perubahan kurikulum pada sistem pendidikan di Indonesia yang menekankan pada aspek sikap yang menjadi penilaian pertama, akan memberikan angin segar dalam perubahan pola pikir siswa untuk tidak melakukan hala, haram dan hantam. Hasil penelitian dan penjelasan dari sisi agama oleh Wawan Gunawan memberikan gambaran bahwa ilmu dunia perlu diimbangi dengan ilmu agama agar tidak timpang. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran kita perlu mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat tapi jangan lupa dengan kehidupan dunia, karena  kefakiran akan mengantarkan kita kepada ke kafiran.

Inilah sebagai sedikit goresan sederhana mudah-mudahan pelaksanaan pemilu kemarin berjalan bersih begitu juga untuk pemilihan presiden bulan 6 nanti. Mulai hari ini siswa SMA mulai berjuang untuk menghadapi UAN mudah-mudahan selalu dihiasi dengan sikap yang jujur.