Tipe Soal Ujian Nasional 2014

Sudah lama tidak menulis dalam blog ini, baca-baca informasi tentang pelaksanaan ujian nasilan tahun 2014, saya mampir di okezone yang menjelaskan bahwa ujian nasional tahun ini terdapat 20 tipe soal dengan 8 region atau sekitar 160 tipe soal yang disiapkan. Tujuannya siswa akan khusyuk mengerjakan soal masing-masing.

20 tipe soal yang digunakan berbeda antara siswa dalam satu ruangan, ruangan lainnya dalam satu sekolah gimana? masihkan akan terbuka celah untuk “tim sukses” bergerak dengan kebijakan seperti ini ?. Menurut hemat saya jika memang ingin menghasilkan nilai ujian nasional yang maksimal dari kerja siswa dalam kelas selama tenggang waktu yang ditentukan, pembuatan soal harus sesuai dengan rombel pada sekolah itu. Jika rombel dalam suatu sekolah ada 5 rombel artinya jika mengacu pada jumlah maksimal perkelas 32 orang berarti ada 160 siswa kelas IX dan XII yang akan melaksanakan ujian nasional.

Kalau didistribusikan tiap ruangan ujian berjumlah 20 orang, berarti ada 8 ruang ujian. sebaiknya tipe soalnya 20 tipe soal yang berbeda untuk ke 8 ruang ujian tersebut. Kemungkinan hal ini akan mempersulit ruang gerak dalam “menyukseskan”  siswa dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Jika kita perhatikan teori belajar dari  Kurt Lewin mengenai teori medan yang menyatakan seseorang akan termotivasi jika suatu hal yang dipelajari sesuai dengan kebutuhan internal individu (edeg pisan berteori). Jika hal ini diwujudkan  pada diri siswa tidak akan ada lagi perasaan pasti lulus, karena akan bersandar pada hasil belajar individu tersebut

ini sekedara coretan jalmi pakampungan nu kirang “maca” sagalana.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s