HDD tidak dibaca saat instalasi windows ?

walaupun masalah yang ditulis merupakan hal yang sederhana, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca yang sempat mampir di blog ini, selain itu tujuan tulisan ini untuk mempermudah mengingat dikala lupa, karena memori manusia terbatas, sarana blog sebagai catatan pribadi online cukup membantu untuk mendokumentasikan data.

KASUS I (LOW LEVEL FORMAT)

berkaitan dengan pengelolaan hardisk, pernah saya ketemu dengan masalah pada saat instalasi windows 7, saat format hdd tidak dapat berjalan dengan baik, selanjutnya saya usahakan untuk membukanya dan dijadikan hdd extenal untuk diformat, hal ini pun tidak berjalan dengan baik.  sehubungan dengan notebook akan dibawa adik terpaksa ambil jalan singkat diganti baru.

singkat cerita saya browsing mencari informasi dan kesimpulan jika firmware dari hdd masih dibaca oleh BIOS berarti hdd tersebut dapat digunakan, akhirnya terpikir untuk mengembalikan format hdd dengan menggunakan low level format silahkan download disini, pada web tersebut disediakan software yang free namun harus penuh kesabaran untuk menunggu, jika ingin cepat silahkan beli yang premiumnya. akhirnya hdd yang saya anggap rusak dapat digunakan kembali

KASUS II (HIREN’S CD)

awalnya laptop dimainkan anak saya yang kecil, detil kejadiannya tidak saya ketahui, yang pasti layar monitor blue screen, saya anggap biasa saja karena jika di restart akan pulih seperti biasa. Namun hal itu tidak terjadi dan tetap pada keadaan blue screen, akhirnya saya putuskan untuk instalasi ulang. pada saat pemilihan media penyimpanan ada pesan tidak ada hdd yang dapat ditampilkan, silahkan pasang media penyimpanan baru dan ulang kembali instalasi windowsnya.

dengan santai saya lepas hdd tersebut dan siap di low level format karena masih dibaca di BIOS, namun diluar dugaan tidak didetek oleh software tersebut. akhirnya saya keluyuran cari info karena ganti hdd baru lumayan juga dananya, akhirnya sampai di web http://www.hirensbootcd.org/download/ silahkan dikunjungi, akhirnya saya baca petunjuk dan download iso nya sebesar 592.5 MB selanjutnya burn di cd dan jalankan dengan setting boot dari  cd, tampilan depannya sebagai berikut:

data 058

pilih dos programms saya pilih active kill disk untuk memperbaiki master boot record (MBR) dari hdd yang adapun tampilannya sebagai berikut:

data 059

alhamdulilah hdd masih dapat terselamatkan walaupun sebagian data harus direlakan untuk menghilang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

