Manfaat Mandi Air Dingin

Apakah Anda hobi mandi air hangat? Sepertinya Anda harus mengurangi kebiasaan tersebut. Dalam beberapa kasus, mandi air hangat memang dianggap sebagai salah satu yang bisa membuat tubuh rileks, namun ternyata mandi air dingin memiliki manfaat yang jauh lebih banyak.

1. Meningkatkan sirkulasi
Air hangat menyebabkan darah bergerak menuju kulit Anda, sementara air dingin membuat darah berjalan lambat, sehingga menyebabkan kulit tetap hangat. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi yang membantu membuang racun dari tubuh Anda. Sirkulasi yang sehat mencegah hipertensi, pengerasan arteri, dan mempercepat waktu pemulihan dari latihan yang sangat berat.

2. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat
Air hangat akan membuka pori-pori kulit kepala lebih mudah. Mandi dengan air dingin bisa menutup pori-pori, sehingga minyak dan kotoran tidak masuk ke pori-pori yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat.

3. Membuat pembuluh darah menyempit
Hal ini juga membuat pembuluh darah Anda menyempit, mengurangi bengkak di wajah Anda dan mencegah munculnya lingkaran hitam. Untuk rambut Anda, air dingin mampu menutup kutikula, yang menjaga kulit kepala Anda tetap sehat.

4. Menjaga minyak alami
Air hangat dikenal untuk mencuci minyak alami dari kulit Anda. Namun jika berlebihan dan sering, air hangat justru dapat menyebabkan kulit berminyak atau kering. Oleh karena itu, mandi air dingin adalah pilihan yang lebih baik.
5. Menguatkan sistem imun
Studi menunjukkan bahwa perempuan yang secara teratur mandi air dingin memiliki jumlah yang lebih tinggi dari sel-sel darah putih dibandingkan dengan perempuan yang memilih untuk mandi air hangat. Sel darah putih adalah sel-sel dari sistem kekebalan tubuh yang terlibat dalam mempertahankan tubuh Anda terhadap infeksi, penyakit dan bahan-bahan asing.

6. Mencegah depresi
Mandi air dingin akan membantu sumber utama noradrenalin, yang bisa meredakan depresi. Hal ini juga menyeimbangkan sistem saraf otonomik, yang tidak hanya membuat Anda waspada, tetapi juga santai dan meringankan stres.

sumber: metrotvnews

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s