6 Cara Sederhana Tingkatkan Fungsi Otak Anak

Menyiapkan kegiatan yang padat seperti les atau kursus merupakan salah satu yang banyak dipilih oleh orang tua untuk meningkatkan prestasi anak. Namun kenyataannya, belajar dalam kondisi tertekan hanya akan membuat anak semakin stres dan justru tidak membuahkan hasil. Sebenarnya, ada beberapa langkah untuk meningkatkan memori anak Anda dengan cara yang lebih sederhana.

1. Membacakan sebuah cerita
Mendongeng rupanya bukanlah suatu bentuk kegiatan yang hanya bisa meningkatkan keakraban anak dan orang tua. Namun, membacakan sebuah cerita dengan berbagai ekspresi ternyata juga bisa mengasah memori anak. Setelah Anda membacakan sebuah cerita anak, cobalah meminta mereka untuk mengulanginya.

2. Gim memori
Permainan ini membantu anak berpikir serta memproses informasi lebih cepat. Beberapa jenis permainan pikiran juga terlibat dalam peningkatan kemampuan menghapal urutan dan objek.

3. Mempelajari bahasa baru
Dalam usaha meningkatkan kemampuan memori otak, bahasa memainkan peran penting. Belajar bahasa baru membuat anak belajar untuk beradaptasi pada hal-hal baru di sekitarnya dan juga memberikan latihan pada otak mereka. Cara ini juga efektif untuk menambah pengetahuan umum mereka tentang dunia.

4. Puzzle
Lempengan puzzle juga merupakan pilihan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan memori anak. Dengan menyusun puzzle, anak akan menghapal bentuk dan menyusun strategi.

5. Kegiatan koordinasi
Selain pemilihan bentuk kegiatan yang tepat, aktif secara fisik juga membantu anak dalam mengasah kemampuan memorinya. Buat jadwal olahraga yang menyenangkan untuk anak Anda seperti bermain bola, bersepeda, les tari, atau musik.

6. Rutinitas
Sesuatu yang dilakukan secara rutin seperti olahraga hingga tidur juga berkontribusi terhadap perkembangan otak anak Anda. Selain itu, rutinitas yang dilakukan juga akan membuat anak disiplin dalam menunaikan tugasnya.

Meskipun langkah di atas bisa mempertajam memori anak, namun sebaiknya Anda tetap mengawasi anak, agar kegiatan yang dilakukan tetap positif

sumber: metronews

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s