5 langkah hindari kejahatan ‘cyber’

1. Kunci komputer serta berbagai akun dengan password yang kuat, serta PIN empat digit yang unik pada telepon seluler.

2. Jangan lakukan transaksi online seperti pembayaran tagihan, transaksi bank, belanja, atau kegiatan penting lainnya melalui perangkat komputer miliki umu atau dari laptop dan ponsel melalui jaringan Wi-Fi yang terbuka untuk umum, semisal hotspot.

3. Lebih hati-hati terhadap pesan atau e-mail yang mencurigakan. Caranya dengan menghindari berbagai tawaran yang tampak berlebihan dan waspadai pengirimnya, sekalipun pesan tersebut tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dikenal atau dipercaya.

4. Pastikan website yang dikunjungi aman dan tepercaya sebelum memasukkan data yang seksitif. Periksa kembali petunjuk enkripsi, misalnya alamat web dengan ‘https’ atau logo gembok terkunci di sudut kanan tampilan situs.

5. Jangan berikan alamat e-mail utama atau instant messaging kepada orang tak dikenal atau lembaga yang tidak diketahui reputasinya. Hindari menampilkan data tersebut dari laman jejaring sosial atau direktori internet. Langkah ini juga bisa jadi cara mengurangi spam dari inbox.

sumber: Republika

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s