Pendidikan, Ijazah dan Gelar

sambutan mewakili undangan, yang terhormat bapak ABCD, MM dipersilahkan” …… kurang  lebih begitulah pembawa acara membacakan nama berikut gelar akademik yang dimiliki oleh seseorang, padahal dari sekian banyak undangan mungkin saja ada yang tidak memiliki gelar atau hanya sekolah tamat SD, SMP dan SMA.

Namun semacam kebiasaan yang sebenarnya baik untuk tidak dibudayakan penyebutan nama berikut gelar akademik dilingkungan mayasrakat, yang pasti cerminan pemikiran yang tidak memaksakan kehendak pribadi pada orang lain itu yang dibutuhkan, pendidikan apapun yang dicapai jika pola pikirnya tidak sesuai dengan jenjang akademik yang dicapai ya …  percuma saja.

Pendidikan merubah dan membiasakan kita untuk berperilaku yang baik (mahmudah). Jika keadaan kita jelas salah, dan ingin memutar balik kesalahan tadi dengan kebenaran yang dibuat-buat dengan menonjolkan emosinya, jelas hal ini tidak seiring dengan proses pendidikan yang pernah dilaluinya.

Sekedar ijazah dan gelar ? …. kata orang banyak jalan menuju roma  … banyak cara mencari gelar yang sulit itu mengubah pola pikir menjadi dewasa, tenggang rasa dengan orang lain dan tidak memaksakan keiinginan pribadi untuk menutupi kesalahan yang sudah diketahui oleh orang lain.

Dalam kompas.com sudah diberitakan tentang penjualan ijazah palsu melalui internet, atau langsung dapat membuka webnya , jelas disana penjelasan harga dan tata cara pembeliannya. Kadan dipikir masih mendingan yang kuliah S1 atau S2 secara langsung walaupun Skripsi dan Tesisnya dibuatin orang. Paling tidak ada ilmu dan mudah-mudahan pola pikirnya berubah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s