KEJUJURAN GURU, SISWA DAN PANITIA (REVIEW SNMPTN 2013)

Untuk penerimaan mahasiswa baru tahun  2013, setiap sekolah perlu mengisi data pada pangkalan data sekolah. Seluruh nilai siswa diinput, hal yang menjadi perhatian adalah kecurangan atau pun kelalaian siswa dalam menginput data yang nantinya dinilai oleh sistem menjadi satu kesalahan yang berdampak pada sekolah itu sendiri. seperti berita yang dimuat di kompas menjelaskan bahwa:

“Satu anak memasukkan data melalui online, lalu ketika diverifikasi ada data yang salah dan enggak sempat diperbaiki. Dianggap melakukan kesalahan, lalu satu sekolah enggak bisa ikut SNMPTN,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto kepada Kompas.com, Selasa (5/2/2013).

sebaiknya untuk tahun selanjutnya perlu pebaikan sistem, sehingga dapat membaca kesalahan perorang dari suatu pangkalan data sekolah, sehingga tidak menutup kesempatan untuk memasuki perguruan tinggi negeri dengan jalur undangan.

jika memang ada suatu sekolah yang memanipulasi data siswa perlu ditindak tegas, misalnya tidak boleh mengikuti SNMPTN untuk jangka waktu tertentu, karena merugikan orang lain, selain itu cara tersebut menghalalkan segala trik hanya sekedar mengangkat nama sekolah.

Bagi panitia SNMPTN 2013 itu sendiri, jika ada sekolah yang di blacklist perlu disebutkan nama sekolah dan kesalahan yang real, sehingga sama-sama mau memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia. Jika tidak dibuka maka hal ini akan menjadi api dalam sekam pada dunia pendidikan. Mungkin saja yang curang hanya satu orang pada sekolah tersebut, tapi yang korban banyak, hal ini perlu dipikirkan karena patah tumbuh hilang berganti, jika kesempatan telah dibunuh terlebih dahulu siapa penerus estapet bangsa?

dalam kompas.com terdapat 20 sekolah lebih masuk dalam daftar hitam, namun panitia enggan menyebutkan nama-nama sekolah tersebut. mari keterbukaan dan kejujuran dibuka untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pendidikan kita.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s