Tips Memilih Sekolah …

Pendidikan merupakan suatu investasi yang sangat mahal, namun selain melakukan kewajiban sebagai orang tua dalam mendidik anak, juga melaksanakan perintah rasul kalau belajar itu dari buaian sampai ke liang lahat. Sekolah merupakan sarana untuk mengambil pendidikan secara formal bagi buah hati kita, ntah itu unggulan, atau kelas prestasi dan lainnya, yang pasti setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Sharing sedikit tips memilih sekolah menurut Dr. Seto Mulyadi yang dimuat di kompas. Kriteria-kriteria ini perlu diperhatikan dengan baik.

1. Lihat visi misi sekolah tersebut. Visi misi sekolah akan menentukan kurikulum yang digunakan. Sesuaikah visi misi sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga dan harapan orangtua?

2. Pertimbangkan sekolah bagus dengan tenaga pengajar yang bagus juga. Guru adalah ujung tombak yang menentukan anak akan belajar dan bermain dengan menyenangkan atau tidak.

3.  Perhatikan kondisi sekolah dan lingkungan di sekitarnya, termasuk kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah. Cukupkah untuk mendukung proses belajar-mengajar yang menyenangkan bagi anak?

4. Perhitungkan jarak sekolah dari rumah. Jangan sampai terlalu jauh sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar.

5. Kenali karakter anak dan kebutuhannya untuk menentukan sekolah yang sesuai dengan anak. Misalnya, anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam.

6. Pengenalan akan karakter dan kebutuhan juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah, misalnya dengan untuk menentukan butuh sekolah dengan durasi yang lebih banyak waktu bermain atau belajar.

7. And last but not least, pikirkan matang-matang kemampuan finansial Anda untuk membayar segala biaya yang dibutuhkan, baik uang pangkal maupun uang bulanan ke depannya. Pastikan Anda memiliki sumber-sumber dana yang cukup untuk konsisten membayar ke depannya.

menurut hemat saya, biaya mahal tidak menjamin anak menjadi pintar secara kognitif atau bahkan emosionalnya. Kejelian kita untuk memilih pendidikan bagi anak dengan didampingi di rumah mudah-mudahan memberikan efek positif bagi mereka. Selama Ujian Nasional diberlakukan untuk mengukur keberhasilan dalam menempuh pendidikan pada tiap jenjangnya, insya Allah kualitas dan keseriusan anak dalam belajar pun masih diragukan, karena “tim sukses” sudah menjadi rahasia umum.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s