5 langkah aman di twitter

hampir satu minggu pas tidak menyentuh blog ……………… keluyuran hari minggu dapat catatan info untuk di share

Twitter, sama dengan social media lain, tetap rawan tindak kejahatan dunia maya. Seringkali user tidak sadar sudah membagi informasi sensitif terlalu banyak di microblog tersebut. Atau dia sendiri kurang sadar pentingnya melindungi privasi. Akibatnya, bisa terjadi pembajakan akun, pencurian data pribadi, atau bahkan penguntitan oleh penjahat cyber.

Apa yang harus diperhatikan saat memposting twit agar user tetap aman? Berikut ada tips yang bisa diikuti:

1. Hindari twit data pribadi

Nomor rekening pribadi, nomor ponsel, alamat rumah, adalah contoh data pribadi yang harus dijaga. Jangan sampai memposting semua data tersebut di Twitter, mengingat siapa saja dapat mengakses postingan Anda.

2. Hindari memnginformasikan lokasi Anda

Ada fitur otomatis di Twitter yang mampu memberitahu di mana posisi Anda berada, bahkan lengkap dengan petanya. Untuk alasan keamanan, ada baiknya deactivate-kan fitur ini. Terutama jika Anda merasa diri Anda tidak nyaman. Sebab keberadaan Anda bisa saja dimanfaatkan oleh penjahat cyber.

3. Hindari kirim DM ke orang tak dikenal

Merasa nyaman dengan twit-twit seseorang namun tidak tahu pasti siapa dia? Hindari mengirim Dircet Message (DM), terlebih lagi jika berisi informasi sensitif yang dapat dipakai untuk menyerang Anda.

4. Hindari mengklik sembarang link

Mendapat DM berisi link? Jangan tergoda untuk mengkliknya, sebab kemungkinan besar itu berisi virus yang akan menginfeksi komputer atau ponsel Anda.

5. Hindari rasa cepat percaya

Mungkin Anda terpesona oleh twit-twit atau avatar seseorang, namun jangan mudah percaya begitu saja. Terlebih lagi jika ia mengajak bertatap muka, meminta data pribadi, meminta sejumlah materi, dan sejenisnya. Jangan terkecoh oleh jumlah follower atau bio yang penuh tipu daya.

sumber: ictwatch.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s