TIPS AMAN BERBELANJA ONLINE

Menyambut liburan akhir tahun dan biasanya pada libur hari raya (Natal atau Lebaran), Trend Micro, melihat banyak konsumen di Asia mulai mempersiapkan libur panjang mereka dengan beragam aktivitas di Internet; mulai dari eksis mengumumkan jadwal libur dan lokasi liburan melalui media sosial (Facebook, Twitter, Line, Pinterest dan Instagram), hingga menetapkan barang-barang apa saja yang hendak mereka beli via online.

Apalagi, pada saat musim diskon tiba. Diperkirakan akhir tahun ini trend belanja online akan menjadi pasar besar. Menurut studi Harvard School of Business yang digelar pada akhir Agustus 2012 lalu, nilai pasar e-commerce Indonesia mencapai USD0,9 miliar pada 2011. Sedangkan survei MasterCard Worldwide pada Februari lalu menemukan bahwa nilai toko online terus meningkat sampai 15 % pada pertengahan 2012.

Karena melihat pertumbuhan yang cepat di belanja online, maka para penjahat cyber mulai melirik ranah belanja online ini, dan semakin cerdiknya para peretas bergerilya di segmen ini. Karenanya, Anda dituntut tidak saja bijak dalam berbelanja, tapi juga lebih berhati-hati.

Berikut adalah TIPS bagi Anda, para shoppers, yang gemar belanja online untuk berhati-hati dalam menikmati belanja online:

  1. Bookmark situs belanja yang resmi sebagai informasi penting saat ingin mencari barang di dalam situs tersebut. Ini meminimalisir kemungkinan Anda tertipu dengan situs buatan para peretas jika mencarinya melalui search engine. Atau Anda bisa mencatat alamat situs resminya dari iklan mereka di media atau informasi terpercaya lainnya
  2. Hati-hati dengan ajakan klik untuk kiriman penawaran barang dan diskon besar melalui email. Bisa jadi penawaran melalui email seperti ini membawa link palsu dan attachment yang isinya akan menginfeksi komputer Anda. Karena jika mendapatkan penawaran, tidak ada salahnya Anda mengeceknya dulu melalui telepon ke layanan pelanggan.
  3. Cek dan verifikasi kembali jika Anda dikirimi penawaran yang tidak masuk akal melalui akun media sosial Anda. Periksa ulang kembali untuk laman pembayarannya. Jika pembayaran melalui pihak ketiga, seperti kartu kredit, pastikan Anda berada pada alamat yang benar, jangan sampai Anda masuk ke dalam jebakan peretas untuk memasukkan data pribadi Anda dan hingga akhirnya data tersebut disalahgunakan.
  4. Jika Anda termasuk penggila belanja, tidak ada salahnya menginstal software keamanan yang bisa mem-block aksi para peretas dan menjamin Anda masuk ke dalam situs belanja yang aman sebelum meng-klik nya

sumber : chip.co.id

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s