Mendidik dan Mengajar

Memang benar penjelasan dalam postingan Guru Tidak Cukup Hanya Mengajar, saat ini guru sibuk untuk memenuhi tuntutan jam mengajar antara 24 sampai 40 jam perminggu. Kondisi kami didaerah saja khusunya yang sudah tersertifikasi pun masih “kelayaban” untuk sekedar memenuhi tuntutan mengajar 24 jam.

Mengajar adalah suatu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar siswa sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong siswa melakukan proses belajar, sedangkan mendidik menurut Prof. Mahmud Yunus adalah membiasakan siswa untuk berperilaku yang terpuji.

Tuntutan saat ini adalah terpenuhinya jam mengajar, sedangkan aspek mendidik yang dilakukan oleh guru belum dilirik untuk diperhitungkan dalam angka kredit ataupun pemenuhan jam dalam sertifikasi. Terlebih dengan ada Ujian Nasional, seolah-olah siswa sudah punya target anak emas terhadap pelajaran tertentu yang masuk dalam daftar ujian.

Sebaiknya terlebih dahulu kembalikan fungsi guru dengan menghargainya tidak hanya dengan kuantitas jam yang dimiliki, tapi kualitas mendidik dan mengajar yang dilakukannya, sehingga dapat mengurangi tindak kenakalan remaja yang saat ini mulai meningkat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s