MANUSIA dan TEKNOLOGI: Review Film Linimasa2

Pendahuluan

Suatu film dokumenter yang isinya menyampaikan berbagai kegiatan masyarakat di pelosok daerah dengan tema linimasa2. Mengisahkan interaksi manusia dan teknologi informasi. Memang benar dulu malaikat protes pada Allah mengapa manusia dipercaya sebagai khalifah di bumi, coba kami saja yang akan tunduk patuh pada aturan yang telah digariskan. Dijawab oleh Allah “aku lebih tahu dari sesuatu yang tidak kamu ketahui”.

Semangat lurus untuk mendamaikan dunia dengan pemanfaatan teknologi telah banyak dipelopori orang-orang “hebat”, tapi disisi lain tidak sedikit yang mengharapkan kekacauan dengan memanfaatkan teknologi juga.

Gejolak Ambon

Prolog yang baik disajikan diawal film dokumenter ini, menyajikan gejolak ambon yang disajikan oleh media-media elektronik. Memberi kesan di Ambon rusuh dan terjadi berbagai kekacauan. Inilah tangan manusia dengan bantuan teknologi memberikan efek yang negatif, terkadang akar masalah tidak diketahui secara jelas.

Kontroversi pemberitaan akhirnya terkuak setelah seorang blogger bernama almas menghimpun dan memberikan penjelasan yang bertolak belakang dengan pemberitaan nasional, hal ini menginspirasi manda seorang reporter untuk menggali informasi penggunaan social media.

Penggunaan Social Media

setelah menyaksikan linimasa 2, ternyata banyak inovasi masyarakat yang dilakukan dengan social media yang mereka gunakan secara positif, jauh dari keinginan untuk diekspos. Walaupun dipelosok mereka mengerti praktik menggunakan teknologi informasi secara bijak. Temuan manda sebagai berikut:

  1. Primadona FM di Lombok
  2. Multimedia Village di Tasik Malaya
  3. HIV AID Commnity di Jakarta
  4. Emak-Emak Blogger di Jakarta
  5. Cyber Village di Yogyakarta

Kesimpulan

Secanggih apapun teknologi yang digunakan semuanya tergantung tangan-tangan manusia. secara umum dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Dampak Positif dari teknologi dapat mempermudah manusia dalam menuntaskan tugas-tugasnya, menambah wawasan dan sebagainya, seperti temuan dalam film dokumenter social media dapat menjembatani kesulitan warga, meningkatkan wawasan dengan googling, melakukan transaksi jual beli, sampai dengan penggunaan open source
  2. Dampak negatif dari teknologi apabila jatuh ketangan-tangan jahil  seperti pemberitaan di Ambon, media menjadi provokator kerusuhan bukan pemersatu bangsa yang terpecah belah.

Saran

Setiap inovasi dalam teknologi informasi selalu membawa efek negatif dan positif, sebagai penerima informasi mari kita budayakan kebiasaan untuk:

  1. Mempelajari secara jelas tentang kemajuan teknologi informasi saat ini
  2. Kuasai trik-trik penggunaan dari teknologi tersebut
  3. Lakukan penyortiran terhadap teknologi informasi yang tidak mendidik dan membawa madharat
  4. Setelah dilakukan penyortiran, kembangkan teknologi yang membawa kemaslahatan dan membaginya pada sesama untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s