KURIKULUM DAN PENDIDIKAN

Pendidikan merupakan suatu masalah yang selalu diperbincangkan terus menerus, upaya untuk memperbaiki kondisi pendidikan terus  dilakukan, saat ini sedang digodok kembali tentang kurikulum baru yang rencananya akan diberlakukan pada tahun pelajaran 2013/2014 mendatang, rancangan kurikulum ini mengutamakan kompetensi berimbang

Sekilas kita perhatikan dengan perubahan yang sering dilakukan oleh pemerintah menyebabkan guru sendiri bingung, menyiapkan suatu materi pembelajaran tidak semudah membalik telapak tangan. Semua proses yang telah dilakukan tetap akan bermuara pada pelaksanaan Ujian Nasional sebagai salah satu tolok ukur nasional dalam pelaksanaan KTSP. Namun perlu ditinjau kembali kondisi di lapangan, sudah menjadi rahasia umum kalau “tim sukses” selalu “bergentayangan” untuk memuluskan proses ujian, namun strategi untuk  rencana pelaksanaan ujian nasional tanpa pengawas mungkin juga sudah disiapkan “jurus jitunya”. Kembalikan saja seperti kami dulu EBTANAS.

Hal itu terjadi karena pihak sekolah khawatir akan prestise yang telah diraih. sebelum melakukan perubahan kurikulum selayaknya menurut orang dari pelosok daerah:

  1. Ujian kompetensi Guru Online tidak bisa jadi tolok ukur kualitas guru, sebagai teknisi saya menemukan soal yang gambar-gambarnya tidak tampil, jawabannya tidak lengkap. Alasan ini saya tulis setelah menbaca artikel dikompas
  2. Perubahan terhadap kurikulum selayaknya diiringi dengan sarana dan prasarana yang memadai, sejak keluarnya TIK menjadi mata pelajaran tahun 2004 sampai sekarang, Kondisi Laboratorium menjadi kendala dalam melakukan praktikum.
  3. Untuk uji kelayakan sebaiknya dilakukan juga di daerah-daerah dengan kondisi dan fasilitas yang ala kadarnya

mudah-mudahan dengan kurikulum yang baru nanti, dengan penanaman toleransi dan empati dapat mngurangi intensitas tawuran antar pelajar dan tindakan-tindakan buruk lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s