Pengadaan Versus Perawatan

Dalam setiap tahun, seperti yang pernah saya alami selama mengajar di SMA XX di Kota BT. Pemerintah selalu memberikan bantuan dalam bentuk buku-buku, komputer dan juga bangunan yang sangat bermanfaat bagi sekolah terutama siswa dan guru yang menggunakannya.

namun selain pengadaan yang terus dilakukan harapan yang terselip dalam pikiran adalah perawatan dan pengelolaan dari barang itu sendiri. seperti halnya kita membangun satu web, bisa saja menyuruh orang dengan harga XX misalnya. tapi pengelolaan dan update informasi mungkin saya fikir lebih berat untuk dilakukan. begitu dengan bantuan yang terutama dalam bentuk media pembelajaran baik komputer, lab. bahasa dan lainnya.

selain pengelolaan juga tangan-tangan “kreatif” perlu diperhatikan untuk sama-sama menjaga barang tersebut agar tetap dapat digunakan oleh siswa. ditempat saya mengajar hanya ada 15 unit yang ready use, padahal menurut peraturan saja rasio komputer dengan siswa adalah 2:1.

Mudah-mudahan setiap harapan dari suatu kemajuan kualitas pendidikan, ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik. pengadaan tanpa perawatan merupakan suatu hal yang mustahil untuk mempertahankan kondisi barang selalu baik. sebagai contoh bantuan komputer pada tahun yang sama sekitar 2008 pada SMA XX tempat honor dulu pertahun 2011 kondisi masih fit dan siap digunakan oleh siswa, sedangkan di SMA baru saya komputer dengan tahun sama kondisinya morat-marit.

ini hanya sekedar tulisan tengah malam dengan kondisi mata dan pikiran sudah ngantuk.