LAN (Local Area Network) Pada Windows XP

Tulisan ini sedikit mengupas tentang jaringan lokal dengan menggunakan windows XP, sebelum membuat suatu jaringan kita perlu memeriksa keadaan hardware kita, apakah sudah ada NIC (network interface card ) nya apa belum. Kalau belum ada perlu memasangnya pada slot PCI.

lan-cardLihat gambar di samping untuk bentuk NIC, untuk merk sih terserah kita aja. trus kita harus nyiapin juga kabel UTP, kategori kabel tu ada 5, untuk kategori 3 dipake pada koneksi 10 mbps, kalo yang kategori 5 untuk koneksi sampe 100 mbps.

Setelah nyiapin NIC dan kabel UTP kategori 5, kita juga perlu nyiapin konektor RJ 45, gambarnya kaya gini, biasanya se kotak isinya 100 biji, kurang lebih 60 rb, tergantung daerah juga sih kayaknya. Setelah seluruhnya lengkap, proses selanjutnya memasangkan kabel dengan RJ 45, pake tang crimping. Sebelumnya susunan kabel yang ada dua macam yaitu straight dan cross.

rj-45Susunan kabel straight digunakan untuk menghubungkan komputer dengan Hub, atau komputer dengan swicth, sedangkan untuk sambungan cross dipake untuk menghubungkan komputer dengan komputer (peer to peer), hub dengan hub, komputer dengan modem IP. Pada susunan kabel yang akan dibahas menggunakan nomor pin T568B. untuk lebih jelasnya susunan kebalnya sebagai berikut :kabel-baru-dikupas

Gambar kabel yang baru dikupas adalah :

Kabel Straight :

  • orange putihurutan-kabel
  • orange
  • hijau putih
  • biru
  • biru putih hijau
  • coklat putih
  • coklat

untuk lebih jelas susunan kabelnya lihat gambar disamping, setelah selesai dimasukkan kedalam RJ 45 dan usahakan agar kulit pembungkus kabelnya ikut terjepit, agar pasangan kita kuat, seperti gambar dibawah ini :

kabel-telah-terpasangsetelah selesai kita perlu menceknya dengan menggunakan lAN tester, yakinkan bahwa lampu indikator menyala secara berurutan dari 1 sampai delapan.

Setelah selesai, kita perlu mengkonfigurasi komputer kita adapun tahapannya :

  • Ubah nama komputer dengan workgrup anda, klik kanan mycomputer dan klik properties

gambar-windows

  • Selanjutnya di tulisan lainnya aja ya …….. be continued

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s